-->

Bootloop dan Deadboot Samsung Galaxy Mini S5570

- 2:30 PM
Masuk pasien sebuah ponsel samsung galaxy mini S5570 dalam kondisi bootloop. User mengatakan ponsel abis dipasang custom rom cyanogenmod oleh temannya.

Persiapan dulu, hidupkan komputer, colokkan kabel usb, disertai semangat...yakin banget kalo ponsel ini pasti selesai dan hidup normal lagi. Soalnya, udah sering banget terima ponsel dengan kerusakan bootloop, dan selalu berhasil.

1. Masuk ke download mode samsung s5570, tekan vol down + home + power on, hasilnya bisa masuk ke download mode.
2. Buka Odin Multi Downloader v4.38.exe, pilih file OPS TASS_v1.0, lalu centang One Package dan buka file S5570DXKPD_S5570OLBKPD_S5570DXKPD_HOME.tar.md5
3. Klik Start.....
Hasilnya error...di layar hp muncul error ONW UPDATE FAIL.

Sedikit pusing...langsung buka google.com dan cari2 info tentang ONW UPDATE FAIL. Hanya sedikit hasil encarian di google, namun ada beberapa yang mengatakan berhasil memperbaiki s5570 dengan kondisi error seperti yang saya alami.

1. Cari2 firmware s5570 yang ada file boot, modem, pda dan csc. Dari support z3x, akhirnya saya dapat firmware S5570XXJL9_CL816096_REV02 yang terdiri dari 4 file. Biasanya kondisi bootloop bisa diselesaikan dengan firmware yang ada file BOOT.
2. Buka lagi Odin Multi Downloader v4.38.exe, pilih file OPS TASS_v1.0, lalu isi file seperti gambar dibawah ini:

3. Klik Start...hasilnya error. Duh...udah cape-cape download file 100Mb lebih, hasilnya gagal. Hmm...sabar..
4. Googling lagi, dapat file ARM11boot_GT-S5570.tar yang mungkin bisa memperbaiki boot s5570.
5. Buka lagi Odin Multi Downloader v4.38.exe, pilih file OPS TASS_v1.0, lalu isi file s ARM11boot_GT-S5570.tar ke kolom boot
6. Klik start..proses selesai. Coba dihidupkan, eh malah matot, ga hidup lagi hp-nya. Duh..tambah ga semangat...Hp dalam kondisi seperti ini disebut deadboot, ga bisa hidup lagi.

Untunglah, saya masih punya senjata lain, yaitu z3x easy jtag untuk memperbaiki boot. Pinout jtag s5570 seperti gambar berikut:

Percobaan pertama muncul error, sepertinya kabel jtag-nya belum benar. Check dan recheck lagi, ternyata benar, ada kabel yang salah solder ke pinoutnya. Setelah dibenarin, percobaan kedua menghasilkan error "target not halted". Googling2 menghasilkan informasi bahwa kemungkinan solderan pinout kurang bagus, saya coba solder ulang kabel jtag ke pinout di PCB. Percobaan berikutnya, masih juga muncul error "target not halted", tapi setelah dicoba berkali2 akhirnya bisa connect tapi error dalam writing NAND. Alhasil, ponsel tetap dalam keadaan deadboot.

Keesokan harinya, saya coba2 lagi, kadang2 error "target not halted", kadang error writing NAND. Saya coba check kondisi baterai dengan menggunakan multitester, hasilnya masih bagus. Coba lagi, kali ini dengan mencoba menekan tombol power on, akhirnya proses writing NAND bisa berjalan hingga selesai dan hasilnya ponsel bisa masuk ke download mode.

saya coba flash dengan file one package S5570DXKPD_S5570OLBKPD_S5570DXKPD_HOME.tar.md5, hasilnya hp hidup tapi dalam kondisi bootloop.
Saya flash ulang dengan firmware S5570XXJL9_CL816096_REV02 yang terdiri dari 4 file. Hasilnya, hp hidup normal, tapi tidak ada bahasa Indonesia.
Flash ulang lagi dengan firmware one package S5570DXKPD_S5570OLBKPD_S5570DXKPD_HOME.tar.md5, hasilnya hp hidup normal dan ada pilihan bahasa Indonesia.
Bersyukur..akhirnya selesai juga.



Advertisement

3 comments

avatar

bagaiman cara menggunakan z3x easy jtag nya mas???

avatar

silahkan download template terbaru saya di seotoolsoft.blogspot.com

avatar

klo ad box nya kucing bisa yg d maksud tanpa box gan


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search